Tuesday, November 15, 2016

Jelang The International 2016, Valve Luncurkan Patch 6.88b Untuk Dota 2

https://duniagames.co.id/news/155-jelang-the-international-2016-valve-luncurkan-patch-688b-untuk-dota-2

Menjelang ajang kompetisi Dota 2 terbesar, The International, Valve merilis gameplay update untuk menyeimbangkan skill dari beberapa hero. Pada versi 6.88b update perubahan yang dilakukan hanyalah beberapa perubahan minor, sehingga mungkin lebih pantas bila disebut sebagai patch.
Perubahan minor di sana dan sini memberi keseimbangan kepada beberapa hero. Beberapa hero diberi nerf alias sedikit dilemahkan dengan menurunkan atribut, meningkatkan cooldown skill, menurunkan damage skill, atau meningkatkan manacost suatu skill . Ada juga beberapa hero yang diberi buff, alias sedikit diperkuat dengan mempersingkat cooldown skill, meningkatkan damage skill, meningkatkan atribut, atau menurunkan manacost suatu skill.
Pada patch 6.88b kali ini tak hanya mekanik hero saja yang diubah, ada juga sedikit perubahan pada mekanik gameplay secara umum. Contohnya perubahan mekanik gameplay secara umum seperti kecepatan berjalan creep yang diubah bahkan sampai perubahan besar layout map Dota 2.
Ada perubahan apa saja pada patch gameplay update 6.88b? Berikut beberapa perubahan yang terjadi.



Sumber: facebook.com 
Perubahan gameplay mekanik secara umum datang dari distribusi experience creep. Jumlah hadiah experience creep lane berubah dari 0% jadi 20% dari total hadiah experience creep lane ketika berhasil di deny oleh neutral creep. Hal ini akan sedikit memudahkan para roamer mendapatkan level dengan cara mencuri xp creep pulling support lawan.
Patch lain yang cukup terasa dampaknya diterima oleh Terrorblade. Seperti yang terlihat nerf cukup besar diterima oleh Terrorblade. Manacost skill metamorphosis ditambah jadi 100 dan skill metamorphosis yang jadi non-aktif setelah reincarnation dari Aegis of Immortal. Peningkatan Manacost cukup jadi masalah mengingat jumlah Mana Terrorblade yang cuma 278 pada level 1.
Perubahan mekanik skill metamorphosis juga cukup menyakitkan bagi sang iblis. Hal ini mengingat pemain Terrorblade biasanya bertarung dalam mode Metamorphosis dan berharap tetap reincarnation dalam keadaan Metamorphosis ketika mati memegang Aegis of Immortal.

Sumber: facebook.com 
Perubahan lain yang cukup terasa datang dari Beastmaster dan Outworld Devourer. Peningkatan experience reward membunuh Boar milik Beastmaster tentu cukup menguntungkan bagi para musuh. Perubahan experience reward juga cukup besar dari 59 menjadi 90 experience pada skill Summon Boar level maksimal.
Outworld Devourer sang mantan hero ter-IMBA sejagad Dota juga seakan ingin dikembalikan sedikit kekuatannya. Tetapi Valve mungkin merasa sedikit peningkatan damage dari 300 jadi 325 dan durasi Intelligence steal dari 60 jadi 80 milik skill Arcane Orb sudah cukup. Perubahan-perubahan lain lebih bersifat nerf dan buff minor. Contohnya seperti damage Blink Strike Riki yang berkurang jadi 100 dari 125 pada level skill maksimal, mana cost skill Bloodlust milik Ogre Magi yang jadi 50 dari 75, dan lain sebagainya.

Sumber: facebook.com

Sumber: facebook.com

Sumber: facebook.com
Perubahan lain yang cukup menarik adalah mengurangnay manacost Epicenter skill ultimate milik Sand King dari 325 jadi 300 pada level maksimal. Meski cuma mengurang 25 point, tetapi pengurangan mana cost dari 175 jadi 150 pada level 1 skill Epicenter akan sangat terasa pada awal-awal permainan. Hal ini mengingat total mana milik Sand King level 6 yang masihlah sedikit, sehingga perubahan ini sedikit membantu kombo Burrowstrike - Epicenter.
Perubahan sisanya juga masih bersifat nerf atau buff minor. Sedikit penambahan dan pengurangan di sana-sini diterima berbagai hero. Seperti penambahan damage Arcane Curse milik Silencer yang jadi 38 dari 35, peningkatan bonus attack speed skill Press the Attack’s milik Legion Comander dari 120 menjadi 140, movespeed Shadow Fiend dari 310 jadi 315, dan lain sebagainya.
Dengan kehadiran patch ini, The International dirasa akan semakin menarik. Akankah sedikit perubahan pada Outworld Devourer membuat ia akan semakin sering digunakan? Atau mungkin Terrorblade jadi jarang digunakan sebagai akibat nerf yang cukup terasa merugikan?

No comments:

Post a Comment