Monday, August 1, 2016

Info: Offlaner

Sumber: http://www.cksholic.com/2014/08/guide-dota2-belajar-offlaner.html

Offlaner

Offlaner adalah posisi di dalam dota dimana hero yang digunakan akan menempati Hard Lane atau Short Lane. Pada turnamen - turnamen besar biasa kita lihat posisi ini diisi oleh satu hero saja. Biasanya hero ini akan berhadapan dengan 3 hero musuh yang menerapkan strategi trilane.

Syarat Offlaner

Mengingat posisi ini akan berhadapan dengan 3 hero musuh, tentu diperlukan beberapa persyaratan khusus yang harus dimiliki seorang hero untuk bisa menempati posisi ini. Beberapa persyaratannya antara lain :

1. Bukan Hero Carry

Posisi ini akan selalu mendapatkan tekanan oleh musuh, apalagi jika musuh menerapkan aggresive trilane. Hal ini tentu saja mengakibatkan kita kesulitan untuk melakukan Lane Farming. Musuh akan mencoba sebisa mungkin untuk menjauhkan kita dari creep, sehingga kita tidak bisa menghasilkan gold dari membunuh creep.

2. Punya Pertahanan Kuat

Karena musuh akan terus berusaha menekan kita, maka diperlukan hero yang cukup kuat untuk menahan gempuran musuh. Kita tidak bisa menempatkan hero dengan jumlah HP yang sangat tipis yang membuat kita dapat dengan mudah dibunuh oleh musuh.

3. Punya Mekanisme untuk Kabur

Offlaner sangat rawan terkena gank oleh musuh, oleh karena itulah mekanisme untuk segera lari atau menghilang saat terancam sangat dibutuhkan. Skill yang dapat membuat kita menghilang, melompat (blink), atau berlari cepat bisa sangat membantu kita untuk menghindari gank lawan.

4. Biasanya Memiliki Skill Penting

Hero pada posisi ini biasanya memiliki skill yang sangat krusial pada saat war. Biasanya yang dibutuhkan oleh hero ini hanyalah level. Sedangkan gold biasanya akan mudah didapat ketika mereka sudah mencapai level tertentu.
syarat tersebut tidak harus dimiliki sekaligus oleh seorang hero. Yang pasti, dengan skill yang dia punya, dia mampu bertahan di lane tanpa harus menjadi mangsa empuk bagi musuh.

Contoh Hero Offlane

Hero apa saja yang cocok untuk posisi Offlane?? Ada beberapa hero yang sering digunakan oleh para pemain, antara lain :
centaur warrunner
Centaur Warruner
Source : dota2.com
Centaur Warruner : hero ini memiliki tingkat pertahanan yang cukup bagus. Jika mencapai level 6, Centaur bisa berlari dengan cepat untuk lari dari sergapan musuh. Selain itu, centaur juga memiliki skill dengan damage yang cukup besar, sehingga memungkinkan hero ini untuk membunuh hero musuh yang dihadapinya.



tidehunter
Tidehunter
source : dota2.com
Tidehunter : hero ini juga memiliki pertahanan yang cukup bagus. Ditambah dengan skill Anchor Smash yang menggunakan sedikit mana dan juga mengurangi damage musuh membuat hero ini cukup tangguh untuk digunakan pada posisi offlane.




bounty hunter
Bounty Hunter
source : dota2.com
Bounty Hunter : dengan adanya skill jinada + wind walk, hero ini bisa mencuri kesempatan untuk membunuh creep di lane.






doom
Doom
source : dota2.com
Doom : skill Devour sangar berguna bagi hero ini untuk mendapatkan gold. Ditambah skill Scorched Earth membuat hero ini sulit untuk dibunuh.






alchemist
Alchemist
source : dota2.com
Alchemist : hero ini juga bisa digunakan pada posisi offlane. Dengan memanfaatkan skill Acid Spray dan Greevil's Greed membuat hero ini bisa menghasilkan gold walaupun harus menghadapi tekanan musuh. Ditambah lagi saat mencapai level 6, skill ulti Chemical Rage membuat hero ini sukup sulit untuk dibunuh.



Masih ada lagi beberapa hero yang bisa digunakan untuk posisi ini, antara lain Puck, Queen of Pain, Lycan, Nature's Prophet, Venomancer.

Tips Bermain Offlaner

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bermain pada posisi ini.
1. Control Map
Ward menjadi alat yang sangat penting. Ward dapat membantu kita untuk terus mengawasi map untuk berjaga - jaga dari gank musuh.
2. Block Creep
Block creep kita yang sedang dalam perjalanan menuju medan perang. Blok dengan menggunakan badan dari hero yang kita gunakan. Hal ini untuk mendekatkan creep kita dengan tower kita, sehingga memudahkan kita untuk membunuh creep musuh, dan tentu saja aman dari gank.
3. Selalu Dekat dengan Tower
Jangan terlalu jauh maju mendekati tower musuh kecuali kita benar - benar yakin bahwa lane kita aman.
4. Minta Bantuan support atau Mid
Mintalah bantuan hero support atau hero yang ada di mid untuk melakukan gank.
5. Selalu bawa teleport.
Teleport bukan hanya digunakan untuk kabur, tetapi juga untuk membantu Lane lain disaat yang diperlukan. Hal ini juga dapat membantu kita menghasilkan gold apabila berhasil membunuh hero musuh.

No comments:

Post a Comment