Monday, August 1, 2016

Guide: Stacking

Sumber: http://forum.indogamers.com/archive/index.php/t-519663.html?s=1d7c3e38ecd475ad8e56926f44ea1bb1

I. PULL AND STACK IT!

a. Pendahuluan


Teknik pulling atau teknik memancing creep adalah salah satu teknik creeping lanjutan. Dalam permainan Heroes of Newerth (HoN) atau Defense of the Ancient (DotA), player lokal terbiasa menyebutnya sebagai teknik tarik atau mudahnya ‘narik’. Istilah ‘narik’ disini mungkin bisa ditelusuri dengan menerjemahkan secara bebas dari istilah ‘pulling’ yang lebih banyak dipakai dalam guide internasional. Untuk menyamakan persepsi, maka penulis akan menyamakan kedua istilah tersebut. Dalam guide ini, istilah ‘pulling’ akan lebih dipilih daripada ‘narik’ karena untuk menghindari ambiguitas serta membantu dalam kemudahan pemakaian bahasa.

Dengan melakukan teknik tarik, maka kemungkinan kamu bisa membunuh creep netral yang ada di hutan dengan bantuan creep-lane kamu. Oke secara singkat, kamu hanya perlu memancing creep netral ke lane, berikutnya biarkan creep-lane kamu mengikuti mereka (creep netral, red). Creep lane akan berfungsi sebagai tanker kamu, selanjutnya biarkan mereka saling memukul. Terakhir, kamu hanya perlu melakukan last-hit. Dan dapatkan beberapa gold dan experience dari creep netral itu. Its Done. Terlihat simple namun sebenarnya tidak semudah itu.

Pernakah kamu melakukan teknik pulling tetapi ternyata creep netral sudah kembali lagi ke tempatnya?
Pernakah kamu mencoba melakukan teknik double pulling tetapi selalu gagal?
Pernakah kamu pernah terganggu oleh kehadiran musuh lalu terusir ketika melakukan teknik ini?
Kalu kamu pernah mengalaminya, berarti kamu harus setuju bahwa kamu telah membuang waktu, tenaga,dan gold sia-sia yang seharusnya kamu dapatkan.

Well, jika kamu telah menguasai teknik dasar pulling maka kamu akan otomatis berkenalan dengan teknik stacking. Sama halnya dengan teknik pulling, teknik stacking memungkinkan kamu untuk melakukan creeping (dengan menggunakan creep lane tentunya) dihutan dengan mudah. Bedanya, kamu membiarkan creep netral untuk tidak mati dan creep netral lainnya muncul kembali (respawn) ditempat yang sama. Akibatnya jumlah creep yang ada di sebuah rumah creep netral (creep camp) menjadi berganda.

Melakukan teknik pull dan stack akan sangat berguna bagi player professional. Dalam guide ini, penulis akan mengupas habis teknik ini. Namun sebelumnya penulis akan memberi pola dari beberapa kompetensi yang akan kamu pelajari dibawah ini yang akan membantumu memahami teknik ini secara komprehensif:

I. PULL AND STACK IT!
a. Pendahuluan
b. Implikasi Teknik Pulling
c. How to?

II. ADVANCE PULLING
a. Creep berganda
b. Pulling teraman
c. Anti-pulling
d. Last hit on creep netral
e. Creep corpse

III. DOUBLE AND TRIPLE PULLING
a. Teknik dasar
b. How to?

IV. TRIPLE STACKING
a. Extra gold extra experience
b. Extra Problem
c. How to?

V. STACK AND PULL VERSUS TRIPLE STACKING!



Guide ini akan memberikan hal yang berbeda kepada kamu, karena dalam artikel ini pula penulis mencoba menjawab kesulitan kamu dalam melakukan teknik ini dan memaksimalkan manfaat ekstra dari teknik tersebut. Penulis yakin, jika teknik ini tidak dilakukan secara tepat maka yang didapat adalah buntung bukannya untung! Simak beberapa hal lainnya;


b. Implikasi Teknik Pulling

Sebelum mengeksekusi teknik ini, cobalah untuk merenungkan kembali, kenapa sih banyak player yang melakukan ‘pulling’? Apa yang terjadi seandainya saya melakukan ‘pulling’ dan apa efek sampingnya? Bagaimana pulling dapat memberikan keuntungan pada pelakunya? Apakah hanya sekedar creep tanker? Terakhir, apakah ada lagi efek yang lain yang harus saya ketahui?

Yap! Dengan melakukan teknik pulling maka kamu akan mendapatkan sesuatu hal yang lebih. Berikut adalah hal yang kamu dapatkan.


Menambahkan experience dan gold. Ketika kamu melakukan teknik pulling, pastinya kamu mendapatkan gold dan experience dari creep netral yang kamu (atau creep-mu) bunuh dan pada saat yang sama lane partnermu menikmati solo experience sehingga kamu tak perlu bersaing merebutkan creep-lane. Namun pada praktiknya, ini tidak selalu sesuai dengan harapan.

Melakukan creep deny atau mengurangi experience musuh. Mungkin tidak semua player menyadari jika kamu melakukan pulling dan membiarkan creep hutan membunuh creep kita, itu sama saja dengan kamu men-deny creep kamu sendiri. Harusnya, musuhmu akan mendapatkan beberapa experience ketika creep-lane itu mati, tetapi kamu malah menggiring creep-lane-mu itu kehutan dan creep netral lah yang membunuh mereka. Alhasil, musuhmu pun tidak mendapatkan experience dari creep-lane karena mereka berada di luar area experience. Jika teknik ini dilakukan dengan tidak benar, maka ketika kamu ingin melakukan deny creep sebanyak-banyaknya ketika pulling, namun pada kenyataannya, kamu hampir sama sekali tidak men-deny creep kamu sendiri.

Melakukan push-lane. Disadari atau tidak, kalau kamu melakukan teknik pulling secara biasa, maka kamu secara tidak langsung melakukan push pada posisi lane-mu. Setelah kamu membunuh creep netral,creep-lane yang tidak mati atau sekarat otomatis akan kembali pada lane mereka dan bergabung dengan kumpulan creep-lane berikutnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas. Alhasil, creep kamu pun menjadi lebih banyak dan selanjutnya karena ketidakseimbangan jumlah creep kamu dan creep lawan, maka otomatis kamu telah melakukan push-lane dengan creep yang ‘overload’ ini. Bagian ini akan penulis bahas lebih mendalam pada section akhir.


C. How to?

Sebenarnya pada gambar halaman pertama juga sudah menjelaskan cara untuk melakukan teknik ini. Jika kamu masih belum terbayang bagaimana cara melakukan teknik pulling, kamu bisa mencarinya di situs atau laman penyedia video tentang ‘how to creep pull in HoN’, hanya saja timing pada beberapa video itu agak “ngaco”untuk patch yang baru. Namun ada faktor yang harus diperhatikan supaya teknik ini berhasil. Timing yang akurat merupakan kunci dari kesuksesan sebuah teknik pulling ini. Saya tekankan kembali, timing yang pas akan menentukan kamu untuk melakukan teknik ini. Jadi mulai sekarang berlatihlah dengan mengedepankan keakurasian waktu sebelum mempelajari teknik lanjutan berikutnya.

Jika kamu telah bermain pada HON patch baru (patch 2.0 misalnya), kamu akan sering mengalami kegagalan dalam melakukan teknik pull karena keakurasian waktu pada patch baru sangat dibutuhkan. Pada HON versi patch lama, kamu akan merasa mudah melakukannya ini karena creep memiliki sensivitas yang rendah dan walaupun kamu melakukan pulling pada detik ke-15, creep-lane akan tetap terpancing oleh creep netral. Beda dengan patch baru yang hanya akan berhasil jika kamu benar-benar hit creep netral pada detik ke-16.

Ilustrasi dibawah menggambarkan satu unit creep kuning yang melewati creep netral bukannya membantu creep lane lain mengejar creep netral.

II. ADVANCE PULLING
Well, setelah kamu memahami benar teknik pull dan stack di atas, kini saatnya kamu mempelajari beberapa hal lain yang lebih kompleks. Bagian ini akan sangat berguna bagi player menengah maupun professional. Beberapa bagian dibawah ini pasti belum kamu tahu;

1. Creep Ganda
2. Teknik Pulling teraman
3. Anti-pulling
4. Last hit


Creep berganda
Cara yang paling benar dalam melakukan teknik pulling adalah menggandakan creep netral terlebih dahulu. Dalam guide tertentu, teknik pull dan stack mungkin dibuat terpisah dengan alasan tertentu. Yang harus kamu pahami mulai dari sekarang adalah, teknik pull dan stack adalah salah satu teknik yang tidak terpisahkan. Pull is the best friend of stack!

Hal yang membedakan player lokal (Indonesia) dan internasional adalah cara mereka melakukan teknik ini. Jika kamu bermain pada server internasional, melakukan teknik pulling tanpa menggandakan creep terlebih dahulu (stacking) akan menjadi suatu beban bagi tim kamu. Ini karena tim lawan akan sangat diuntungkan oleh beberapa hal seperti lane ter-push, lawan sangat mudah di-harass, dan lain-lain. Tentu mereka akan mengomeli kamu dan sebagai implikasinya kamu akan dicap sebagai noob.

Setidaknya kamu harus mengerti fakta-fakta ini terlebih dahulu:

Pulling tanpa stacking

Akan melakukan push secara otomatis, artinya teman se-lane kamu bakal makin jauh dari towermu.
Lebih rentan dari gank musuh, musuh lebih leluasa melakukan kill teman kamu atau bahkan kamu sendiri.
Karena creep netral yang dihutan hanya terdiri dari satu set saja maka creep-lane yang membantu kamu dalam melakukan teknik pulling mempunyai peluang untuk masih hidup walaupun sekarat, ini berarti kamu hanya mendapatkan sedikit creep deny dari mereka
Tim lawan kamu akan sangat leluasa meng-harass teman kamu yang sedang berada pada solo lane experience, apalagi musuh adalah hero lane domination itu berarti teman berpeluang menjadi miskin walaupun mendapatkan experience yang banyak
Keuntungannya, jika teman kamu berada pada area tower, maka tim musuh akan ragu melakukan gank.


Pulling dengan stacking

Anti-push, kebalikan dari diatas. Musuhmu bakal lebih mudah di-kill karena mereka jauh dari towernya. Lebih mudah di-gank pula.
Musuh tidak akan bisa farming di dekat tower mereka sebaliknya kamu akan aman karena dekat dengan tower kamu sendiri.
Mendapatkan deny creep yang lebih banyak, Itu karena creep-lane yang ada pada rumah creep berpeluang besar untuk mati semua karena diserang oleh lebih banyak creep nteral yang telah kamu gandakan.
Musuh atau lawan akan mendapatkan sedikit gold dan experience akibat kehilangan satu set gelombang creep-lane yang telah dimatikan oleh creep netral atau berada pada jangkauan creep experience.





Betapa efektifnya melakukan teknik pulling dan stacking secara bersamaan, apabila masih kurang yakin dengan ini, saran penulis pribadi, lihatlah video-video yang mempertontonkan betapa enaknya melakukan teknik ini. Satu catatan dari saya, jangan memancing creep musuh yang berada pada belakang tower kamu kedalam area pull dan stack teman kamu. Itu akan sangat mengganggu dia. Setidaknya buatlah creep lawan yang sudah terlanjur kebelakang tower menghadapi creep lane berikutnya, atau kamu juga bisa mengalah dengan cara mondar-mandir di area tower dan biarkan tower itu mematikannya sambil sesekali kamu melakukan last hit.

Teknik pulling teraman

Apakah kamu pernah ketika kamu melakukan pulling tiba-tiba musuh datang mengganggu kamu? Bukannya menikmati keuntungannya, kamu malah terancam terusir dari area dan apesnya lagi malah musuh yang menikmati creep kamu. Kamu pun tidak mendapatkan apa-apa selain membuang waktu. Nah,bagaimana sih caranya mencegah hal ini terjadi?

Solusi pertama, jangan pernah melakukan pulling ketika creep musuh berada di dekat tower kamu
Ketika kamu melakukan pulling sementara creep musuh berada di dekat tower kamu maka musuh yang normalnya akan melakukan farming akan tidak bisa farming. Ini karena creep kamu yang seharusnya saling serang dengan creep lawan tidak saling serang karena creep kamu telah kamu sisipkan (skip) ke area hutan. Mudahnya, kamu telah sengaja men-skip satu gelombang creep lane. Nah konsekuensinya, creep lawan akan bergerak maju ke belakang tower sampai akhirnya mereka berhadapan dengan creep berikutnya. Sedangkan hero lawan yang saat itu tidak dapat melakukan apa-apa akan dengan sangat terpaksa menemuimu di hutan.Akibatnya pulling kamu terganggu. Cobalah melakukan pulling ketika creep sedang jauh dari tower kamu. Pastinya kalau musuhmu tetap kukuh mengganggu pulling kamu, itu akan sangat tidak efektif karena jarak terlalu jauh.

Solusi kedua, pakailah hero yang lebih mendominasi pada early game.
Kalau hero kamu galak, mana berani musuh kamu datang menganggu? Mau menyetorkan nyawa?


Anti-pulling
Ketika kamu tidak rela musuh sedang asik melakukan pulling maka kamu tidak perlu repot-repot mengganggu atau memaksa mengganggu hero mereka yang sedang melakukan pulling dengan cara mendatanginya. Karena hal itu dapat kamu tangkal dengan mudah dengan menggunakan sebuah item. Simpel, jawabannya adalah “Pakailah WARD!”. Taruhlah ward di tempat creep hutan muncul dan masalah SELESAI. Semua player belum tentu tahu ini dan tidak semua orang mengetahui penempatan ward yang efektif.

Satu hal yang membuat penulis sangat tidak habis berfikir, “Kenapa sih player sangat tidak rela menyumbangkan 100 gold saja (200 untuk patch lama) demi membeli ward untuk mencegah musuh melakukan pulling dengan menempatkan item tersebut?”. Kebiasaan player lokal yang buruk menurut penulis, mereka sangat pelit membeli sebuah item dengan harga yang super murah yang justru sangat berguna. Yang bisa mencegah musuh melakukan pulling, yang bisa mencegah musuh mendapatkan gold yang dari creep netral, yang bisa mencegah musuh mendapatkan experience tambahan dari creep netral maupun creep lane, hanya dengan sebuah WARD. Dengan sebegitu banyaknya kegunaan, apakah kamu masih tidak rela untuk membelinya?

Sekedar retorika dari penulis, “Apakah kamu enggan membeli ward karena alasan gold yang kamu punya akan dipakai untuk membeli item regen?” Kan masih ada courier yang bisa kamu kirim kapan saja untuk mengantarkan item kamu. Terutama pada patch baru karena dalam patch ini, kamu juga bisa mendapatkan courier gratis. Lalu, “Apakah kamu enggan membeli ward karena kamu sedang memakai hero carry, lantas menyuruh hero support yang membelinya namun dia tidak membeli?” Penulis menekankan lagi, belilah ward daripada kamu kesusahan selama 6 menit awal gara-gara musuh dengan sangat leluasa melakukan pulling. Memang apa ruginya mengeluarkan 100 gold awal-awal jika hal itu sangat mudah ditangkal?

Last hit on creep netral
Oh, alangkah sangat malang jika kamu melewatkan last hit dari creep netral ketika kamu melakukan pulling. Melakukan last hit pada creep netral tidak bisa disamakan dengan melakukan last hit pada creep lane. Itu karena creep netral memiliki armor yang sedikit berebeda denga creep lane.
Melakukan last hit pada creep netral dapat kamu lakukan dengan cara klik kiri creep netral tersebut dan lihat berapa HP yang tersisa. Hitunglah berapa besar damage kamu dan sesuaikanlah dengan waktu. Jangan lupa perhitungkan pula variable-variabel lainnya seperti creep lane yang membantu memukul dan animasi pukulannya. Kegagalan melakukan last hit pada creep netral labih banyak disebabkan oleh timing yang tidak akurat.

Creep corpse
Ketika kamu sedang membunuh creep yang berada di hutan maka ketika creep netral itu telah mati maka mereka akan menjadi creep corpse atau player lokal menyebutnya mayat creep. Secara visual, creep yang telah mati memang telah hilang namun mereka menjadi tulang-belulang dan tidak akan hilang setelah 17 detik. Mekanisme di dalam game akan menghitung mayat ini sebagai unit pengganggu dan otomatis creep berikutnya tidak akan muncul kembali sampai pada kelipatan 60 detik. Jadi, sebisa mungkin bunuhlah creep netral diluar areanya supaya mayatnya tidak menjadi sebuah unti pengganggu yang menyebabkan creep netral berikutnya tidak muncul.


III. DOUBLE AND TRIPLE PULLING

Ketika kamu telah mahir melakukan teknik pulling maka kamu bisa meningkatkan skill kamu dengan melakukan double pulling bahkan triple pulling. Double pulling adalah teknik pulling dengan cara tertentu yang memungkinkan kamu untuk melanjutkan pulling ke rumah creep netral (creep camp) lainnya. Sehingga kamu dapat melakukan pulling pada dua creep camp sekaligus. Menjadi triple apabila kamu melakukan pulling pada tiga tempat sekaligus. Tentunya kamu masih menggunakan creep lane sebagai pembantu kamu melakukan teknik creeping tersebut. Melakukan double maupun triple pulling bukanlah satu hal yang mustahil. Pada dasarnya, kamu berperang melawan mekanisme game itu sendiri. Merekayasa sedemikian rupa hingga mendapatkan double atau triple pulling.Umunya player mensiasatinya dengan menghancurkan pohon yang membatasi creep camp satu dengan creep lainnya. Ini dapat memperpendek jarak tempuh sekaligus kunci dari teknik ini selain perhitungan timing yang tepat.

Teknik dasar

Seperti yang penulis ungkapkan, player dituntut untuk menyiasati lingkungan hutan. Hal inti pada teknik ini salah satunya adalah memotong pohon tertentu yang berada di hutan. Ini dapat kamu lakukan dengan memakai item Logger Hatchet atau Ancient Tango. Dua item ini dapat memotong pohon dengan cepat. Kamu juga bisa memakai skill hero kamu untuk menghancurkan pohon ini, terutama skil-skil tertentu yang dapat menghancurkan pohon.

How to

Timing
Untuk melakukan pulling yang kedua maka yang harus kamu perhatikan adalah timing kapan harus memancing creep netral yang berada pada creep camp yang kedua. Mudahnya, kamu bisa memancing gerombolan creep netral yang kedua ketika salah satu dari gerombolan creep netral yang pertama akan sekarat. Sehingga ketika gerombolan creep netral yang pertama sudah mati, maka creep lane akan terpancing oleh gerombolan creep netral yang kedua. Timing harus akurat, jangan terlalu cepat maupun telat.

Beberapa patokan sisa HP dari creep netral dibawah ini akan membantumu menentukan kapan kamu harus memancing creep berikutnya:
Minotour camp : Minotour kecil telah mati, HP Minotour besar tinggal ¾-nya
Ogre camp : 2 unti ogre telah mati, 1 Ogre Hijau Full HP
Golem camp : 1 golem telah mati, atau jika keduanya masih hidup jumlah HP dari kedua unit jika dijumlahkan adalah satu HP bar golem normal.
Vagabond camp : 1 Vag sedang dan 1 Vag kecill Full. Sisanya mati.

Perlakuan khusus

Pukullah creep netral. Berbeda dengan single pulling dimana kamu tidak perlu memukul creep netral namun hanya melakukan last hit. Pada teknik double pulling maupun triple pulling, memukul creep adalah suatu keharusan, ini supaya creep lane yang membantu kamu tidak terlalu cepat mati dan kuat sampai menghadapi gerombolan creep netral berikutnya. Juga, sebaiknya jangan melakukan deny pada creep lane mu sendiri.

Gunakanlah skil. Untuk meminimalisir pulling kamu bisa menjadi terlalu cepat maupun terlalu telat, maka gunakanlah skill kamu supaya pulling kamu berhasil. Misalnya kamu boleh menggunakan ‘vanish atau wind gust’ supaya creep netral cepat mati.
Jangan memaksa. Duh, kalau saya memancing creep netral sekarang, pasti saya tidak akan bisa last hit creep netral yang itu. Tapi kalau saya last hit creep itu sekarang, pasti akan gagal pulling berikutnya. Terkadang kamu harus merelakan last tersebut demi meraih sesuatu yang besar. Jangan terlalu memaksa melakukan last hit kalau itu beresiko menggagalkan pulling kamu.

IV. TRIPLE STACKING
Melakukan pulling dengan stacking seperti yang penulis ungkapkan sebelumnya adalah sangat efektif. Jauh lebih efektif jika kamu bisa menggandakannya dibanyak creep camp sekaligus. Sebelum jauh membahas teknik triple stacking lebih jelas sebaiknya ketahuilah hal berikut:

Creep netral akan muncul kembali pada detik ke-60, kecuali pada awal game yaitu pada detik ke-30. Mekanisme game sendiri akan memastikan jika ada unit yang berada di creep camp maka creep tidak akan muncul hingga unit itu tidak ada atau berada pada area non-efek. Unit ini bisa apa saja yaitu creep netral itu sendiri, creep lane, creep corpse, hero, atau ward. Jadi apabila ada unit pengganggu tersebut maka creep netral tidak akan muncul sampai menit berikutnya atau hingga tidak ada unit pengganggu.

Pada dasarnya teknik stacking akan berhasil pada detik X: 53. Lebih akuratnya pancinglah creep netral pada detik ini untuk keluar dari area creep camp pada detik ke 53 pas.


No comments:

Post a Comment