Di Dota2, matchmaking ratio (atau kerap
disingkat MMR) adalah angka untuk memperkirakan kemampuan seorang
pemain. Semakin tinggi nilai MMR-nya, semakin tinggi kemampuan yang
dimilikinya. Walaupun tidak 100 % akurat, sistem penentuan MMR
Dota 2 sudah sangat akurat sehingga seorang pemain bisa dengan yakin
mempercayai nilai tersebut untuk mengetahui tingkat kemampuannya
dibandingkan pemain lain.
Sumber resmi mengenai penjelasan MMR tentu saja ada di blog resmi Valve untuk Dota 2 yaitu http://blog.dota2.com/2013/12/matchmaking/.
Blog ini ditulis oleh Valve sendiri maka isi dari artikel ini sudah
pasti akurat. Akan tetapi, seiring dengan waktu, semakin banyak
pertanyaan mengenai MM dan MMR yang tidak lagi mungkin dijawab oleh 1
referensi tersebut. Tak heran banyak pertanyaan dan salah kaprah
mengenai kedua hal tersebut khususnya mengenai MMR. Maka dari itu,
artikel ini akan mencoba menjelaskan beberapa pertanyaan yang kerap
ditanyakan oleh para pemain Dota 2.
-
Bagaimana cara penentuan MMR ?
Jawabannya sudah dijelaskan di blog resmi
Valve. Singkatnya, seorang pemain akan diposisikan di suatu game yg
diisi oleh beberapa pemain dengan MMR tertentu. MMR para pemain ini bisa
setara atau berbeda jauh, tetapi yang dilihat adalah apakah seorang
pemain tersebut bisa memenangi game di range MMR tertentu. Terkadang
performa individual seseorang diperhitungkan, tetapi yang menjadi fokus
utama adalah hasilnya : menang atau kalah. Proses ini terus diulang
sampai range MMR-nya mengecil yang pada akhirnya menjadi nilai MMR.
-
Sistem MMR sangat tidak akurat. Seharusnya aku bermain di level yang lebih tinggi sedangkan sekaran aku bermain bersama dengan para noob.
Tidak, MMR sudah sangat akurat dalam
memetakan skill pemain. Jika anda bermain dengan para pemain dengan
skill yang rendah, berarti anda juga memiliki skill yang kurang lebih
sama dengan mereka. Komplain seperti ini biasanya sangat sering
ditemukan di antara pemain dengan skill yang rendah karena biasanya
mereka tidak menyadari kesalahan-kesalahan apa yang mereka perbuat.
Sudah banyak bukti di internet mengenai
pemain dengan MMR tinggi yang dengan mudah memenangkan game level
rendah. Atau, banyak pemain yang memilih cara instan yaitu membeli akun
dengan MMR tinggi yang tentu saja membuahkan hasil negatif. Bukan saja
ia akan mengalami kekalahan terus menerus selama belasan game sampai ia
mencapai level game yang sesungguhnya, tapi ia juga merusak game
pemain-pemain lainnya.
Berikut ini adalah eksperimen MMR yang
dilakukan oleh seorang pemain dengan MMR tinggi (sekitar 6000 dan masuk
ke leaderboard alias top 100 di suatu region) yang meminjam ID Dota2
dengan MMR 3000.
Hasilnya adalah dia berhasil dengan mudah
memenangkan semua game. Ini membuktikan bahwa seseorang dengan MMR
lebih tinggi pasti bisa memenangkan game sendirian.
-
Bagaimana dengan permainan yang tidak berjalan seimbang ? Bukankah 10 pemain dengan MMR yang hampir sama akan menghasilkan game yang sengit?
Ada banyak faktor acak yang mempengaruhi
hasil game. Algoritma manapun tidak akan bisa mengukur kelakuan manusia.
Misalnya, seorang pemain tidak sedang berada dalam kondisi puncaknya
atau sedang mempelajari sebuah hero memasuki game. Walaupun ia mempunyai
kemampuan yang setara dengan pemain lainnya, ia tidak akan bisa bermain
dengan 100 % kemampuannya sehingga game akan berlangsung tidak imbang.
Selain itu, permainan Dota dapat
ditentukan oleh kesalahan yang sangat kecil. Semakin tinggi level
game-nya, semakin cepat kesalahan tersebut dihukum dan dimanfaatkan
menjadi kemenangan. Proses ini kerap disebut snowballing. Ini adalah
karakter game Dota dan orang yang sudah mengerti hal ini tidak akan
kaget bila game berakhir dengan cepat.
-
Apa fungsi dari calibrating matches ? Aku memenangi semua calibrating matches, tapi MMR-ku lebih rendah dari orang yang kalah di semua calibrating matches.
Calibrating matches hanya berfungsi untuk
mengurangi ketidakpastian (deviasi) dari nilai MMR. MMR sendiri tidak
hanya dihitung dari sini saja, tetapi dari semua game yang dimainkan.
Dari game pertama yang dimainkan sampai dengan game ke-10 calibrating
matches.
-
Bagaimana dengan winrate ? Dari penjelasan Valve di atas, logikanya pemain dengan winrate besar pasti mempunyai MMR yang tinggi.
Hanya setengah benar. Pemain handal tentu
saja lebih banyak memenangkan game daripada yang pemain buruk. Akan
tetapi, seorang pemain tidak akan bisa mencapai MMR yang sangat tinggi
bila ia hanya bermain dengan hero favoritnya atau/dan dengan
teman-temanya yang lebih hebat. Suatu saat, ia akan bermain di level
yang sangat tinggi dan ia akan kalah. Dari situlah batas atas MMR
seseorang ditentukan.
-
Bagaimana dengan performa individu seperti GPM dan XPM ?
Seperti yang sudah dijelaskan, hal ini
mempunyai pengaruh, tapi hasil menang-kalah suatu game jauh lebih
penting. Dan, banyak teori yang beredar bahwa GPM dan XPM sangat
menentukan di dalam calibrating matches sehingga sebaiknya seseorang
menggunakan carry setiap saat (bahkan pada game biasa selain calibrating
match). Mengingat tidak adanya sumber resmi atau analisis yang
terpercaya, rasanya teori ini tidak perlu didiskusikan lebih lanjut.
Lagipula, Dota adalah permainan tim. Pemilihan hero dan gaya main yang
egois lebih berpotensi menghasilkan kekalahan daripada kemenangan.
edit: Sekian bulan lalu, game RMM
dikotori oleh zeus spam yang dilakukan oleh pemain TBD karena penentuan
MMR sangat dipengaruhi oleh jumlah hero damage saat calibrating
matches. Algoritma ini sudah diperbaiki oleh Valve jadi cara ini sudah
tidak bisa dipakai lagi.
-
Apa maksud dari bracket Normal Skill, High Skill, atau Very High Skill ?
Hal itu merujuk kepada MMR rata-rata dari
game yang dimainkan. Tidak ada penjelasan resmi berapat poin tepatnya,
tapi diperkirakan bahwa :
Normal : 0-2000
High : 2000-3700 atau 3800
Very High : di atas 3700 atau 3800
-
Bagaimana cara menaikan MMR ?
Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan
yang paling sering ditanyakan oleh orang yang sudah mendapat nilai
MMR-nya. Jawaban yang paling simpel adalah dengan cara meningkatkan
skill permainan. Tentu saja jawaban ini hanya akan menimbulkan lebih
banyak lagi pertanyaan. Pemain dalam range MMR tertentu harus
memperbaiki aspek game yang berbeda dibandingkan pemain dengan MMR
lainnya. Seorang pemain juga berbeda dengan pemain lainnya walaupun
MMR-nya sama sehingga tidak akan ada metode yang berlaku untuk semua
orang. Akan tetapi, ada beberapa kesamaan yang dimiliki oleh
pemain-pemain dengan MMR tertentu yaitu :
· 0-2000 MMR
Pemain di range MMR ini masih mempunyai
skill mekanik dan pemahaman game (game understanding) yang sangat
rendah. Di level ini, mayoritas game diisi oleh carry karena para
pemainnya tidak menyadari pembagian peran core dan support. Durasi
laning sangat lama karena pemain juga tidak mengetahui timing untuk
rotasi dan gank.
Untuk meningkatkan skill (yang secara
otomatis akan menaikkan MMR), akan lebih baik bila ia fokus untuk
memperbaiki skill mekanik dasar (basic mechanic) seperti lasthitting,
map awareness, creep pulling, ganking dll dibandingkan dengan pemahaman
game. Alasannya adalah pemain lain sering tidak bisa diandalkan.
Misalnya, ketika anda melakukan gank ke lane lain, sangat sering teman
anda tidak menyadari bahwa anda berada di sana. Atau, pemain lain telah
meletakkan observer ward di lokasi penting. Akan tetapi, karena anda
tidak memperhatikan minimap, anda akan tetap terkena gank. Karena itu,
sebaiknya skill individu ditingkatkan lebih dahulu. Bila dasar-dasar
mekanik sudah dikuasai dengan nyaman, secara otomatis anda akan bisa
berpikir dan memperhatikan map sambil memainkan hero anda.
Dengan memperbaiki skill individu, anda
seharusnya sudah bisa menangani lawan di lane. Bila anda sudah bisa
dengan mudah mengalahkan musuh dalam fase laning, berarti anda sudah
bisa naik ke level berikutnya.
· 2000-3000 MMR
Secara umum tidak berbeda jauh dengan
range 0-2000 MMR. Skill individu masih menjadi hal utama. Durasi laning
menjadi sedikit lebih singkat, game play menjadi lebih aktif di early
game, dan support lebih mempunyai peran. Akan tetapi, -sekali lagi-
skill individu masih menjadi prioritas utama.
Fase laning masih menjadi fokus para
pemain. Biasanya memenangkan lane akan berujung ke memenangkan game. Hal
ini masih mirip dengan range 0-2000 MMR, tapi perbedaannya adalah anda
harus bisa mengambil keputusan dengan lebih tepat seperti skill build
dan item build. Pada level sebelumnya, pemilihan skill dan item tidak
terlalu penting karena pemainnya masih belom memanfaatkan potensinya
secara penuh misalnya lupa mengaktifkan BKB atau salah meletakkan smoke
screen dari Riki. Di level ini, kesalahan-kesalahan tersebut akan
berujung kekalahan.
Secara umum, skill mekanik dasar sudah
dikuasai dan pengetahuan mengenai item dan hero sudah cukup. Untuk
meningkatkan skill, fokus masih harus diberikan ke mekanik dasar karena
biasanya orang masih harus mengingat-ingat teknik yang harus dilakukan.
Untuk maju ke tahap selanjutnya, mekanik dasar sudah harus bisa
dilakukan tanpa berpikir lagi sehingga pemain bisa menganalisis hal-hal
lain dan memperhatikan map sambil bermain.
· 3000-4000 MMR
Skill mekanik dasar sudah dikuasai,
tetapi sampai di sinilah batas dari bermain secara individual. Teamplay
menjadi penting di sini. Pembagian peran core dan support menjadi
krusial. Fase laning menjadi lebih singkat lagi dan para pemainnya lebih
aktif dalam rotasi sehingga observer ward –yang sebelumnya tidak
berguna- menjadi penting.
Prioritas game bergeser dari laning ke
kombinasi antara laning di earlygame dan midgame. Memenangkan lane masih
menjadi cara andalan untuk memenangi game, tetapi pemain yang kalah
dalam laning sudah bisa mencari cara untuk menang, misalnya dengan gank,
push, atau teamfight. Di sini, teamfight menjadi penting karena
sejumlah besar gold dan exp akan hilang dan mengalir ke tim lainnya.
Karena itulah penguasaan mekanik dasar menjadi sangat penting. Seseorang
tidak akan bisa memperhatikan alur teamfight dan mengambil keputusan
dalam sepersekian detik bila ia masih harus memikirkan hal-hal dasar.
Selain itu, kombinasi dari mental pemain dan pemahaman game juga menjadi
penting. Karena sudah terbiasa dengan fokus pada laning, banyak pemain
yang menyerah terlalu cepat ketika mereka kalah di laning phase padahal
mereka masih bisa menang di midgame atau lategame.
Perlahan-lahan, prioritas pemain beralih
dari memenangkan lane ke memenangkan game. Bisa tidaknya seorang pemain
maju ke tahap berikutnya sangat ditentukan oleh tahap transisi ini.
Bisakah ia mulai memikirkan game sebagai teamplay, bukan sebagai
permainan individual saja ? Bisakah ia menganalisis game agar mampu
memilih keputusan yang tepat untuk memenangi game ? Mulai dari tahap
ini, peran dari pemahaman game mulai menjadi sangat penting dan menjadi
lebih sangat penting di tahap berikutnya.
· 4000-4500 MMR
Semua orang sudah tahu mekanik dasar dan
pembagian role hero sudah berjalan dengan baik. Di level ini, mekanik
dasar bukan lagi harus dilakukan dengan benar, tetapi tidak boleh lagi
salah. Tentu saja orang akan melakukan kesalahan bahkan pemain pro pun
masih melakukannya. Akan tetapi, frekuensi kesalahannya harus menjadi
sekecil mungkin. Pemain juga sudah harus bisa menguasai mekanik lanjut
(advanced mechanic) seperti double/triple chain creep pull, rune bait,
TP counter gank dll.
Range MMR ini patut diberikan perhatian
ekstra karena banyak sekali pemain yang mengalami kesulitan untuk naik
ke tahap berikutnya. Ada beberapa sebab, salah satunya adalah
berkurangnya motivasi untuk berkembang. Banyak pemain di level ini yang
sudah merasa puas terhadap skillnya dan merasa terlalu percaya diri
sehingga ia sering melimpahkan kesalahan ke pemain lainnya. Hasilnya, ia
tidak menyadari kesalahannya dan kemampuanya tidak berkembang. Sebab
lainnya adalah pembagian prioritas dalam hidup. Semakin tinggi skill
seseorang, akan semakin sulit baginya untuk meningkatkannya. Misalnya,
dengan melatih lasthitnya, seorang pemain dengan 1000 MMR mungkin bisa
menaikian MMR-nya senilai 200 poin, tetapi tidak demikian halnya dengan
pemain dengan 4000-4500 MMR. Maka, banyak pemain yang tidak mempunyai
waktu untuk melatih skillnya karena terbatasnya waktu untuk game dan
belajar/bekerja.
Di range MMR ini, pemahaman game sudah
menjadi sangat penting. Game sudah dimulai dari tahap pemilihan hero,
pembagian peran, dan pembagian lane. Kemampuan untuk mengeksekusi kill
dengan efektif dan efisien sudah harus dilakukan dengan lancar.
Kelemahan pemain di MMR ini secara umum adalah game planning yang
relatif masih cukup rendah dibandingkan dengan pemain >4500 MMR.
Level eksekusi dan analisis para pemain sudah cukup baik, tetapi pemain
belom mengerti kapan eksekusi tersebut harus dilakukan. Misalnya, bila
musuh sedang unggul dan mempunyai komposisi teamfight yang baik, hal
yang seharusnya dilakukan adalah menunda dan menghindari teamfight,
misalnya dengan split push. Akan tetapi, hal yang sering dijumpai adalah
mereka tetap memaksakan teamfight dan akhirnya mereka kalah. Karena
itu, pemain sudah harus bisa memikirkan dan merencanakan skenario untuk
menang, bukan hanya sekedar bermain baik.
· 4500-5500 MMR
Kualitas game, baik secara mekanikdan
pemahaman game, sudah hampir mendekati level profesional. Pemilihan hero
sudah menjadi sangat penting. Hero yang overpowered akan sering
dijumpai dan hero yang underpowered biasanya akan mengalami kekalahan.
Para pemain sudah tahu kapan untuk berotasi dan kapan untuk farming saja
karena map awareness sudah sangat tinggi sehingga pemain dapat
mendeteksi gank bila dilakukan secara sembarangan. Pemain pun sudah tahu
mana teamfight yang harus diambil dan mana yang tidak. Bisa tidaknya
seorang pemain menembus batas ini sangat ditentukan oleh bakat dan
dedikasi oleh pemain.
· > 5500MMR
Pemain-pemain ini sudah mempunyai skill
mekanik dan pemahaman game yang terbaik di dunia. Skill pemain-pemain
di level ini sudah sangat mirip, yang membedakan hanyalah apakah ia
sukses di dunia kompetisi profesional atau tetap menjadi pubstar.
Pubstar dengan 7000 MMR belum tentu lebih baik daripada pemain
profesional dengan 6000 MMR. Poin tersebut hanya ditentukan dari niat
seseorang dalam menaikkan MMR-nya di ranked match, bukan dari skillnya.
-
Bagaimana cara memenangkan game public ?
Di atas, telah dibahas cara menaikkan skill Dota, tetapi memenangkan game public juga mempunyai caranya sendiri.
1. Tips pertama dan terpenting adalah
kontrol kelakuan dan emosi anda. Permainan dota sangat mudah membuat
seseorang menjadi emosional dan di saat itu, konsentrasi akan pecah dan
kualitas permainannya akan menurun. Jangan hiraukan chat yang berbau
flaming apalagi sampai membalas flaming. Bila chat sudah sangat
mengganggu, sebaiknya gunakan fungsi mute agar anda tetap fokus ke
permainan anda.
2. Game public adalah bagaimana cara anda memenangkan game sendiri. Hal
ini bukan berarti anda tidak bekerja sama dengan tim, tetapi anda harus
lebih fokus ke perkembangan hero sendiri daripada bersusah payah
berkomunikasi dan berkoordinasi dengan teman 1 tim. Game public lebih
ditentukan oleh skill individu dibandingkan kerjasama terutama di range
0-3500 MMR.
3. Pilih hero dengan pengaruh yang besar
(anda akan kerap menemui istilah high impact hero di forum
internasional). Di game public, biasanya memilih hero core (offlane,
solomid, atau carry) akan lebih baik karena durasi rata-rata game adalah
40-50 menit sedangkan puncak role support hanya sampai 10-20 menit.
Bila 3 posisi tersebut sudah diambil maka anda tidak boleh memaksa
mengambil core lagi, tapi ambillah support yang sangat baik dalam
scaling ke late game (misalnya Lina, WD, Warlock dll di versi 6.83).
Saran ini sangat tepat untuk game dengan range 0-3500 MMR. Di atas itu,
semua role sudah menjadi sangat penting walaupun role high impact
solomid (misalnya TA, SF) masih menjadi opsi terbaik untuk menaikkan
MMR.
Artikel ini akan di-update bila ada banyak pertanyaan yang muncul mengenai MMR.
Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ
ReplyDeleteSitus Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ
Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!
Contact Us :
+ website : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9