Sumber: http://forum.indogamers.com/archive/index.php/t-519663.html?s=1d7c3e38ecd475ad8e56926f44ea1bb1
I. PULL AND STACK IT!
a. Pendahuluan
Teknik pulling atau teknik memancing creep adalah salah satu teknik
creeping lanjutan. Dalam permainan Heroes of Newerth (HoN) atau Defense
of the Ancient (DotA), player lokal terbiasa menyebutnya sebagai teknik
tarik atau mudahnya ‘narik’. Istilah ‘narik’ disini mungkin bisa
ditelusuri dengan menerjemahkan secara bebas dari istilah ‘pulling’ yang
lebih banyak dipakai dalam guide internasional. Untuk menyamakan
persepsi, maka penulis akan menyamakan kedua istilah tersebut. Dalam
guide ini, istilah ‘pulling’ akan lebih dipilih daripada ‘narik’ karena
untuk menghindari ambiguitas serta membantu dalam kemudahan pemakaian
bahasa.
Dengan melakukan teknik tarik, maka kemungkinan kamu bisa membunuh
creep netral yang ada di hutan dengan bantuan creep-lane kamu. Oke
secara singkat, kamu hanya perlu memancing creep netral ke lane,
berikutnya biarkan creep-lane kamu mengikuti mereka (creep netral, red).
Creep lane akan berfungsi sebagai tanker kamu, selanjutnya biarkan
mereka saling memukul. Terakhir, kamu hanya perlu melakukan last-hit.
Dan dapatkan beberapa gold dan experience dari creep netral itu. Its
Done. Terlihat simple namun sebenarnya tidak semudah itu.
Pernakah kamu melakukan teknik pulling tetapi ternyata creep netral sudah kembali lagi ke tempatnya?
Pernakah kamu mencoba melakukan teknik double pulling tetapi selalu gagal?
Pernakah kamu pernah terganggu oleh kehadiran musuh lalu terusir ketika melakukan teknik ini?
Kalu kamu pernah mengalaminya, berarti kamu harus setuju bahwa kamu
telah membuang waktu, tenaga,dan gold sia-sia yang seharusnya kamu
dapatkan.
Well, jika kamu telah menguasai teknik dasar pulling maka kamu akan
otomatis berkenalan dengan teknik stacking. Sama halnya dengan teknik
pulling, teknik stacking memungkinkan kamu untuk melakukan creeping
(dengan menggunakan creep lane tentunya) dihutan dengan mudah. Bedanya,
kamu membiarkan creep netral untuk tidak mati dan creep netral lainnya
muncul kembali (respawn) ditempat yang sama. Akibatnya jumlah creep yang
ada di sebuah rumah creep netral (creep camp) menjadi berganda.
Melakukan teknik pull dan stack akan sangat berguna bagi player
professional. Dalam guide ini, penulis akan mengupas habis teknik ini.
Namun sebelumnya penulis akan memberi pola dari beberapa kompetensi yang
akan kamu pelajari dibawah ini yang akan membantumu memahami teknik ini
secara komprehensif:
I. PULL AND STACK IT!
a. Pendahuluan
b. Implikasi Teknik Pulling
c. How to?
II. ADVANCE PULLING
a. Creep berganda
b. Pulling teraman
c. Anti-pulling
d. Last hit on creep netral
e. Creep corpse
III. DOUBLE AND TRIPLE PULLING
a. Teknik dasar
b. How to?
IV. TRIPLE STACKING
a. Extra gold extra experience
b. Extra Problem
c. How to?
V. STACK AND PULL VERSUS TRIPLE STACKING!
Guide ini akan memberikan hal yang berbeda kepada kamu, karena dalam
artikel ini pula penulis mencoba menjawab kesulitan kamu dalam melakukan
teknik ini dan memaksimalkan manfaat ekstra dari teknik tersebut.
Penulis yakin, jika teknik ini tidak dilakukan secara tepat maka yang
didapat adalah buntung bukannya untung! Simak beberapa hal lainnya;
b. Implikasi Teknik Pulling
Sebelum mengeksekusi teknik ini, cobalah untuk merenungkan kembali,
kenapa sih banyak player yang melakukan ‘pulling’? Apa yang terjadi
seandainya saya melakukan ‘pulling’ dan apa efek sampingnya? Bagaimana
pulling dapat memberikan keuntungan pada pelakunya? Apakah hanya sekedar
creep tanker? Terakhir, apakah ada lagi efek yang lain yang harus saya
ketahui?
Yap! Dengan melakukan teknik pulling maka kamu akan mendapatkan sesuatu hal yang lebih. Berikut adalah hal yang kamu dapatkan.
Menambahkan experience dan gold. Ketika kamu melakukan teknik pulling,
pastinya kamu mendapatkan gold dan experience dari creep netral yang
kamu (atau creep-mu) bunuh dan pada saat yang sama lane partnermu
menikmati solo experience sehingga kamu tak perlu bersaing merebutkan
creep-lane. Namun pada praktiknya, ini tidak selalu sesuai dengan
harapan.
Melakukan creep deny atau mengurangi experience musuh. Mungkin tidak
semua player menyadari jika kamu melakukan pulling dan membiarkan creep
hutan membunuh creep kita, itu sama saja dengan kamu men-deny creep kamu
sendiri. Harusnya, musuhmu akan mendapatkan beberapa experience ketika
creep-lane itu mati, tetapi kamu malah menggiring creep-lane-mu itu
kehutan dan creep netral lah yang membunuh mereka. Alhasil, musuhmu pun
tidak mendapatkan experience dari creep-lane karena mereka berada di
luar area experience. Jika teknik ini dilakukan dengan tidak benar, maka
ketika kamu ingin melakukan deny creep sebanyak-banyaknya ketika
pulling, namun pada kenyataannya, kamu hampir sama sekali tidak men-deny
creep kamu sendiri.
Melakukan push-lane. Disadari atau tidak, kalau kamu melakukan teknik
pulling secara biasa, maka kamu secara tidak langsung melakukan push
pada posisi lane-mu. Setelah kamu membunuh creep netral,creep-lane yang
tidak mati atau sekarat otomatis akan kembali pada lane mereka dan
bergabung dengan kumpulan creep-lane berikutnya. Untuk lebih jelasnya
lihat gambar diatas. Alhasil, creep kamu pun menjadi lebih banyak dan
selanjutnya karena ketidakseimbangan jumlah creep kamu dan creep lawan,
maka otomatis kamu telah melakukan push-lane dengan creep yang
‘overload’ ini. Bagian ini akan penulis bahas lebih mendalam pada
section akhir.
C. How to?
Sebenarnya pada gambar halaman pertama juga sudah menjelaskan cara untuk
melakukan teknik ini. Jika kamu masih belum terbayang bagaimana cara
melakukan teknik pulling, kamu bisa mencarinya di situs atau laman
penyedia video tentang ‘how to creep pull in HoN’, hanya saja timing
pada beberapa video itu agak “ngaco”untuk patch yang baru. Namun ada
faktor yang harus diperhatikan supaya teknik ini berhasil. Timing yang
akurat merupakan kunci dari kesuksesan sebuah teknik pulling ini. Saya
tekankan kembali, timing yang pas akan menentukan kamu untuk melakukan
teknik ini. Jadi mulai sekarang berlatihlah dengan mengedepankan
keakurasian waktu sebelum mempelajari teknik lanjutan berikutnya.
Jika kamu telah bermain pada HON patch baru (patch 2.0 misalnya), kamu
akan sering mengalami kegagalan dalam melakukan teknik pull karena
keakurasian waktu pada patch baru sangat dibutuhkan. Pada HON versi
patch lama, kamu akan merasa mudah melakukannya ini karena creep
memiliki sensivitas yang rendah dan walaupun kamu melakukan pulling pada
detik ke-15, creep-lane akan tetap terpancing oleh creep netral. Beda
dengan patch baru yang hanya akan berhasil jika kamu benar-benar hit
creep netral pada detik ke-16.
Ilustrasi dibawah menggambarkan satu unit creep kuning yang melewati
creep netral bukannya membantu creep lane lain mengejar creep netral.
II. ADVANCE PULLING
Well, setelah kamu memahami benar teknik pull dan stack di atas, kini
saatnya kamu mempelajari beberapa hal lain yang lebih kompleks. Bagian
ini akan sangat berguna bagi player menengah maupun professional.
Beberapa bagian dibawah ini pasti belum kamu tahu;
1. Creep Ganda
2. Teknik Pulling teraman
3. Anti-pulling
4. Last hit
Creep berganda
Cara yang paling benar dalam melakukan teknik pulling adalah
menggandakan creep netral terlebih dahulu. Dalam guide tertentu, teknik
pull dan stack mungkin dibuat terpisah dengan alasan tertentu. Yang
harus kamu pahami mulai dari sekarang adalah, teknik pull dan stack
adalah salah satu teknik yang tidak terpisahkan. Pull is the best friend
of stack!
Hal yang membedakan player lokal (Indonesia) dan internasional adalah
cara mereka melakukan teknik ini. Jika kamu bermain pada server
internasional, melakukan teknik pulling tanpa menggandakan creep
terlebih dahulu (stacking) akan menjadi suatu beban bagi tim kamu. Ini
karena tim lawan akan sangat diuntungkan oleh beberapa hal seperti lane
ter-push, lawan sangat mudah di-harass, dan lain-lain. Tentu mereka akan
mengomeli kamu dan sebagai implikasinya kamu akan dicap sebagai noob.
Setidaknya kamu harus mengerti fakta-fakta ini terlebih dahulu:
Pulling tanpa stacking
Akan melakukan push secara otomatis, artinya teman se-lane kamu bakal makin jauh dari towermu.
Lebih rentan dari gank musuh, musuh lebih leluasa melakukan kill teman kamu atau bahkan kamu sendiri.
Karena creep netral yang dihutan hanya terdiri dari satu set saja maka
creep-lane yang membantu kamu dalam melakukan teknik pulling mempunyai
peluang untuk masih hidup walaupun sekarat, ini berarti kamu hanya
mendapatkan sedikit creep deny dari mereka
Tim lawan kamu akan sangat leluasa meng-harass teman kamu yang sedang
berada pada solo lane experience, apalagi musuh adalah hero lane
domination itu berarti teman berpeluang menjadi miskin walaupun
mendapatkan experience yang banyak
Keuntungannya, jika teman kamu berada pada area tower, maka tim musuh akan ragu melakukan gank.
Pulling dengan stacking
Anti-push, kebalikan dari diatas. Musuhmu bakal lebih mudah di-kill karena mereka jauh dari towernya. Lebih mudah di-gank pula.
Musuh tidak akan bisa farming di dekat tower mereka sebaliknya kamu akan aman karena dekat dengan tower kamu sendiri.
Mendapatkan deny creep yang lebih banyak, Itu karena creep-lane yang ada
pada rumah creep berpeluang besar untuk mati semua karena diserang oleh
lebih banyak creep nteral yang telah kamu gandakan.
Musuh atau lawan akan mendapatkan sedikit gold dan experience akibat
kehilangan satu set gelombang creep-lane yang telah dimatikan oleh creep
netral atau berada pada jangkauan creep experience.
Betapa efektifnya melakukan teknik pulling dan stacking secara
bersamaan, apabila masih kurang yakin dengan ini, saran penulis pribadi,
lihatlah video-video yang mempertontonkan betapa enaknya melakukan
teknik ini. Satu catatan dari saya, jangan memancing creep musuh yang
berada pada belakang tower kamu kedalam area pull dan stack teman kamu.
Itu akan sangat mengganggu dia. Setidaknya buatlah creep lawan yang
sudah terlanjur kebelakang tower menghadapi creep lane berikutnya, atau
kamu juga bisa mengalah dengan cara mondar-mandir di area tower dan
biarkan tower itu mematikannya sambil sesekali kamu melakukan last hit.
Teknik pulling teraman
Apakah kamu pernah ketika kamu melakukan pulling tiba-tiba musuh datang
mengganggu kamu? Bukannya menikmati keuntungannya, kamu malah terancam
terusir dari area dan apesnya lagi malah musuh yang menikmati creep
kamu. Kamu pun tidak mendapatkan apa-apa selain membuang waktu.
Nah,bagaimana sih caranya mencegah hal ini terjadi?
Solusi pertama, jangan pernah melakukan pulling ketika creep musuh berada di dekat tower kamu
Ketika kamu melakukan pulling sementara creep musuh berada di dekat
tower kamu maka musuh yang normalnya akan melakukan farming akan tidak
bisa farming. Ini karena creep kamu yang seharusnya saling serang dengan
creep lawan tidak saling serang karena creep kamu telah kamu sisipkan
(skip) ke area hutan. Mudahnya, kamu telah sengaja men-skip satu
gelombang creep lane. Nah konsekuensinya, creep lawan akan bergerak maju
ke belakang tower sampai akhirnya mereka berhadapan dengan creep
berikutnya. Sedangkan hero lawan yang saat itu tidak dapat melakukan
apa-apa akan dengan sangat terpaksa menemuimu di hutan.Akibatnya pulling
kamu terganggu. Cobalah melakukan pulling ketika creep sedang jauh dari
tower kamu. Pastinya kalau musuhmu tetap kukuh mengganggu pulling kamu,
itu akan sangat tidak efektif karena jarak terlalu jauh.
Solusi kedua, pakailah hero yang lebih mendominasi pada early game.
Kalau hero kamu galak, mana berani musuh kamu datang menganggu? Mau menyetorkan nyawa?
Anti-pulling
Ketika kamu tidak rela musuh sedang asik melakukan pulling maka kamu
tidak perlu repot-repot mengganggu atau memaksa mengganggu hero mereka
yang sedang melakukan pulling dengan cara mendatanginya. Karena hal itu
dapat kamu tangkal dengan mudah dengan menggunakan sebuah item. Simpel,
jawabannya adalah “Pakailah WARD!”. Taruhlah ward di tempat creep hutan
muncul dan masalah SELESAI. Semua player belum tentu tahu ini dan tidak
semua orang mengetahui penempatan ward yang efektif.
Satu hal yang membuat penulis sangat tidak habis berfikir, “Kenapa sih
player sangat tidak rela menyumbangkan 100 gold saja (200 untuk patch
lama) demi membeli ward untuk mencegah musuh melakukan pulling dengan
menempatkan item tersebut?”. Kebiasaan player lokal yang buruk menurut
penulis, mereka sangat pelit membeli sebuah item dengan harga yang super
murah yang justru sangat berguna. Yang bisa mencegah musuh melakukan
pulling, yang bisa mencegah musuh mendapatkan gold yang dari creep
netral, yang bisa mencegah musuh mendapatkan experience tambahan dari
creep netral maupun creep lane, hanya dengan sebuah WARD. Dengan
sebegitu banyaknya kegunaan, apakah kamu masih tidak rela untuk
membelinya?
Sekedar retorika dari penulis, “Apakah kamu enggan membeli ward karena
alasan gold yang kamu punya akan dipakai untuk membeli item regen?” Kan
masih ada courier yang bisa kamu kirim kapan saja untuk mengantarkan
item kamu. Terutama pada patch baru karena dalam patch ini, kamu juga
bisa mendapatkan courier gratis. Lalu, “Apakah kamu enggan membeli ward
karena kamu sedang memakai hero carry, lantas menyuruh hero support yang
membelinya namun dia tidak membeli?” Penulis menekankan lagi, belilah
ward daripada kamu kesusahan selama 6 menit awal gara-gara musuh dengan
sangat leluasa melakukan pulling. Memang apa ruginya mengeluarkan 100
gold awal-awal jika hal itu sangat mudah ditangkal?
Last hit on creep netral
Oh, alangkah sangat malang jika kamu melewatkan last hit dari creep
netral ketika kamu melakukan pulling. Melakukan last hit pada creep
netral tidak bisa disamakan dengan melakukan last hit pada creep lane.
Itu karena creep netral memiliki armor yang sedikit berebeda denga creep
lane.
Melakukan last hit pada creep netral dapat kamu lakukan dengan cara klik
kiri creep netral tersebut dan lihat berapa HP yang tersisa. Hitunglah
berapa besar damage kamu dan sesuaikanlah dengan waktu. Jangan lupa
perhitungkan pula variable-variabel lainnya seperti creep lane yang
membantu memukul dan animasi pukulannya. Kegagalan melakukan last hit
pada creep netral labih banyak disebabkan oleh timing yang tidak akurat.
Creep corpse
Ketika kamu sedang membunuh creep yang berada di hutan maka ketika creep
netral itu telah mati maka mereka akan menjadi creep corpse atau player
lokal menyebutnya mayat creep. Secara visual, creep yang telah mati
memang telah hilang namun mereka menjadi tulang-belulang dan tidak akan
hilang setelah 17 detik. Mekanisme di dalam game akan menghitung mayat
ini sebagai unit pengganggu dan otomatis creep berikutnya tidak akan
muncul kembali sampai pada kelipatan 60 detik. Jadi, sebisa mungkin
bunuhlah creep netral diluar areanya supaya mayatnya tidak menjadi
sebuah unti pengganggu yang menyebabkan creep netral berikutnya tidak
muncul.
III. DOUBLE AND TRIPLE PULLING
Ketika kamu telah mahir melakukan teknik pulling maka kamu bisa
meningkatkan skill kamu dengan melakukan double pulling bahkan triple
pulling. Double pulling adalah teknik pulling dengan cara tertentu yang
memungkinkan kamu untuk melanjutkan pulling ke rumah creep netral (creep
camp) lainnya. Sehingga kamu dapat melakukan pulling pada dua creep
camp sekaligus. Menjadi triple apabila kamu melakukan pulling pada tiga
tempat sekaligus. Tentunya kamu masih menggunakan creep lane sebagai
pembantu kamu melakukan teknik creeping tersebut. Melakukan double
maupun triple pulling bukanlah satu hal yang mustahil. Pada dasarnya,
kamu berperang melawan mekanisme game itu sendiri. Merekayasa sedemikian
rupa hingga mendapatkan double atau triple pulling.Umunya player
mensiasatinya dengan menghancurkan pohon yang membatasi creep camp satu
dengan creep lainnya. Ini dapat memperpendek jarak tempuh sekaligus
kunci dari teknik ini selain perhitungan timing yang tepat.
Teknik dasar
Seperti yang penulis ungkapkan, player dituntut untuk menyiasati
lingkungan hutan. Hal inti pada teknik ini salah satunya adalah memotong
pohon tertentu yang berada di hutan. Ini dapat kamu lakukan dengan
memakai item Logger Hatchet atau Ancient Tango. Dua item ini dapat
memotong pohon dengan cepat. Kamu juga bisa memakai skill hero kamu
untuk menghancurkan pohon ini, terutama skil-skil tertentu yang dapat
menghancurkan pohon.
How to
Timing
Untuk melakukan pulling yang kedua maka yang harus kamu perhatikan
adalah timing kapan harus memancing creep netral yang berada pada creep
camp yang kedua. Mudahnya, kamu bisa memancing gerombolan creep netral
yang kedua ketika salah satu dari gerombolan creep netral yang pertama
akan sekarat. Sehingga ketika gerombolan creep netral yang pertama sudah
mati, maka creep lane akan terpancing oleh gerombolan creep netral yang
kedua. Timing harus akurat, jangan terlalu cepat maupun telat.
Beberapa patokan sisa HP dari creep netral dibawah ini akan membantumu menentukan kapan kamu harus memancing creep berikutnya:
Minotour camp : Minotour kecil telah mati, HP Minotour besar tinggal ¾-nya
Ogre camp : 2 unti ogre telah mati, 1 Ogre Hijau Full HP
Golem camp : 1 golem telah mati, atau jika keduanya masih hidup jumlah
HP dari kedua unit jika dijumlahkan adalah satu HP bar golem normal.
Vagabond camp : 1 Vag sedang dan 1 Vag kecill Full. Sisanya mati.
Perlakuan khusus
Pukullah creep netral. Berbeda dengan single pulling dimana kamu tidak
perlu memukul creep netral namun hanya melakukan last hit. Pada teknik
double pulling maupun triple pulling, memukul creep adalah suatu
keharusan, ini supaya creep lane yang membantu kamu tidak terlalu cepat
mati dan kuat sampai menghadapi gerombolan creep netral berikutnya.
Juga, sebaiknya jangan melakukan deny pada creep lane mu sendiri.
Gunakanlah skil. Untuk meminimalisir pulling kamu bisa menjadi terlalu
cepat maupun terlalu telat, maka gunakanlah skill kamu supaya pulling
kamu berhasil. Misalnya kamu boleh menggunakan ‘vanish atau wind gust’
supaya creep netral cepat mati.
Jangan memaksa. Duh, kalau saya memancing creep netral sekarang, pasti
saya tidak akan bisa last hit creep netral yang itu. Tapi kalau saya
last hit creep itu sekarang, pasti akan gagal pulling berikutnya.
Terkadang kamu harus merelakan last tersebut demi meraih sesuatu yang
besar. Jangan terlalu memaksa melakukan last hit kalau itu beresiko
menggagalkan pulling kamu.
IV. TRIPLE STACKING
Melakukan pulling dengan stacking seperti yang penulis ungkapkan
sebelumnya adalah sangat efektif. Jauh lebih efektif jika kamu bisa
menggandakannya dibanyak creep camp sekaligus. Sebelum jauh membahas
teknik triple stacking lebih jelas sebaiknya ketahuilah hal berikut:
Creep netral akan muncul kembali pada detik ke-60, kecuali pada awal
game yaitu pada detik ke-30. Mekanisme game sendiri akan memastikan jika
ada unit yang berada di creep camp maka creep tidak akan muncul hingga
unit itu tidak ada atau berada pada area non-efek. Unit ini bisa apa
saja yaitu creep netral itu sendiri, creep lane, creep corpse, hero,
atau ward. Jadi apabila ada unit pengganggu tersebut maka creep netral
tidak akan muncul sampai menit berikutnya atau hingga tidak ada unit
pengganggu.
Pada dasarnya teknik stacking akan berhasil pada detik X: 53. Lebih
akuratnya pancinglah creep netral pada detik ini untuk keluar dari area
creep camp pada detik ke 53 pas.
No comments:
Post a Comment